10001 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan



Mentimun adalah salah satu jenis sayuran yang sudah lama dibudidayakan yang diyakini berasal di India utara. Ternyata manfaat mentimun yang merupakan sayuran yang masih satu keluarga dengan labu ini banyak sekali. Sayuran yang memiliki nama latin cucumis sativus ini dapat tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi.

Saat ini, mentimun adalah salah satu jenis sayuran paling banyak tumbuh di dunia setelah tomat, bawang dan kubis. Di hampir seluruh penjuru dunia yang beriklim sedang kita bisa menemukan sayuran ini. Mentimun juga terkenal mengandung banyak vitamin serta mineral yang bisa dijadikan sebagai pelengkap masakan atau sebagai camilan.

Beberapa Manfaat Ketimun Bagi Kesehatan

manfaat mentimunMencegah Dehidrasi
Manfaat mentimun yang pertama adalah mencegah tubuh dari dehidrasi. Kandungan air dalam mentimun mencapai 96% yang lebih bergizi daripada air mineral biasa. Air itulah yang membuat tubuh terhindar dari dehidrasi jika kita mengkonsumsinya. Jika rutin mengkonsumsi mentimun juga bisa membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Masker Wajah
Kandungan air, vitamin A, B & C dan berbagai mineral penting lainnya membuat mentimun menjadi bahan dasar untuk perawatan kulit. Masker wajah yang dibuat dari sari mentimun bermanfaat untuk mengencangkan kulit kita serta merupakan metode ampuh cara menghilangkan flek hitam di wajah.

Mencegah Kanker
Manfaat mentimun ternyata juga bisa sebagai penghambat timbulnya kanker. Berdasarkan penelitian, kandungan lariciresinol, secoisolariciresinol, dan pinoresinol yang terdapat pada mentimun dapat menurunkan resiko terkena beberapa jenis kanker seperti kanker otak, kanker rahim, prostat dan lain-lain.

Menstabilkan Tekanan Darah
Dengan adanya kandungan potasium, serat, dan magnesium membuat sayuran ini sangat baik dalam mengatur tekanan darah. Khusus penderita tekanan darah rendah ada baiknya jangan terlalu banyak memakan mentimun.

Khasiat Mentimun Lainnya

  1. Melancarkan Pencernaan
  2. Perawatan Kuku
  3. Mengobati Diabetes
  4. Membantu Meringankan Nyeri 
  5. Menurunkan Kolesterol
  6. Memicu Pertumbuhan Rambut
  7. Menurunkan Berat Badan
Selain beberapa manfaat mentimun di atas sebenarnya masih ada banyak lagi yang lainnya. Bagi anda yang tidak suka mentimun seharusnya berfikir ulang untuk mencoba sayuran ini. Semoga beberapa manfaat mentimun dapat membuat hidup anda menjadi sehat selalu.