4 Cara Berhenti Merokok Paling Ampuh



Cara berhenti merokok sebenarnya tidak begitu sulit. Kebanyakan orang berhenti merokok setelah merasakan dampak buruk dari merokok. Bagi anda yang sutah ketagihan merokok mungkin sulit untuk meninggalkan kebiasaan ini dengan cepat. Namun jika anda mau berusaha masih ada beberapa cara berhenti merokok yang patut anda coba.

Tapi anda tidak perlu khawatir karena berikut ini ada beberapa cara berhenti merokok secara alami. Akan tetapi beberapa tips berikut ini bisa bekerja dengan baik dengan seseorang, akan tetapi bisa saja tips ini tidak berhasil jika diterapkan pada orang lain. Oleh karena itu diperlukan cara yang paling tepat untuk masing-masing individu.

Cara Berhenti Merokok Secara Alami

cara berhenti merokok
Sumber Gambar : Google
1. Berhenti Secara Bertahap. Untuk benar-benar lepas dari kecanduan merokok ada baiknya anda melakukannya secara bertahap. Dengan cara ini kita dapat mengkontrol pikiran masing-masing jika tubuh Anda perlahan-lahan tidak membutuhkan nikotin dari hari ke hari. Misalnya begini : jika biasanya sehari anda menghabiskan 1 bungkus rokok, maka usahakan sehari anda cukup mengkonsumsi 6 buah, kemudian 3 buah dan seterusnya hingga anda bisa benar-benar lepas dari jerat rokok.

2. Support Dari Keluarga. Jika anda ingin benar-benar berhenti merokok maka mintalah bantuan keluarga anda untuk mengingatkan anda. Selain keluarga peran teman-teman terdekat anda juga dapat membantu usaha anda untuk berhenti merokok.

3. Sibukkan Diri Anda. Biasanya orang merokok di saat waktu senggang, dengan mencari kesibukan lain akan membuat anda lupa dengan rokok. Isi waktu anda dengan melakukan apa saja yang anda suka seperti olahraga dan berrekreasi

4. Konsultasi Dengan Dokter. Inilah salah satu cara yang patut anda coba, bertanyalah kepada dokter ataupun ahli kesehatan bagaimana cara berhenti merokok dengan cepat. Biasanya dokter juga memiliki resep untuk menghilangkan ketergantungan pada nikotin.

Cara Berhenti Merokok Paling Efektif

Berhenti merokok memerlukan pengorbanan yang besar dan berkomitmen untuk tidak merokok lagi. Jika pacar anda seorang perokok maka katakan pada dia untuk berhenti merokok bila perlu beri ancaman jika tidak berhenti merokok lebih baik putus. Berdasarkan study kasus tingkat keberhasilan dari cara ini cukup besar.

Dari semua tips di atas, ada satu poin penting yang harus anda pegang baik-baik. Meskipun ada ribuan cara berhenti merokok jika anda tidak memiliki tekad yang kuat maka semuanya akan sia-sia. Yakinkan diri anda jika anda bisa berhenti total, seperti kata pepatah "Dimana Ada Kemauan Disitu Ada Jalan".