7 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan dan Kecantikan



Manfaat tomat bagi kesehatan dan kecantikan sangat banyak sekali, hal ini tidak lepas dari kandungan berbagai macam nutrisi penting dan vitamin pada tomat itu sendiri. Buah ini sudah begitu terkenal, bahkan di dunia kuliner tomat selalu menjadi bahan utama atau penghias masakan apapun di berbagai penjuru negara.

Sering kali kita berfikir jika manfaat tomat hanya baik untuk kesehatan mata saja. Namun jika kita telusuri lebih jauh, banyak sekali keuntungan lain yang bisa kita peroleh saat mengkonsumsi tomat. Berikut ini adalah 7 manfaat tomat untuk kesehatan maupun kecantikan.

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

manfaat tomat
1. Sumber Antioksidan
Tomat mengandung lycopene yang merupakan antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari zat radikal bebas. Radikal bebas sangat berbahaya karena secara perlahan dapt merusak sel jaringan tubuh sehingga menyebabkan berbagai jenis pernyakit.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Tekanan darah tinggi dan kolesterol dapat diminimalisir dengan kalium dan vitamin B yang terdapat pada tomat. Selai itu senyawa ini juga dapat mencegah pernyakit lainnya seperti stroke dan serangan jantung.

3. Sumber Vitamin Alami
Satu buah tomat saja dapat mencukupi 40% kebutuhan vitamin C harian bagi tubuh. Selain itu tomat juga mengandung cukup banyak vitamin K dan zat besi.

4. Meredakan Diabetes
Sebuah study yang pernah dilakukan oleh Jouurnal of American Medical Assosiation menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi setidaknya 2 tomat setiap hari dapat mengurangi stres oksidatif diabetes tipe 2.

5. Mencegah Kanker
Berbagai penelitian berhasil mengungkap jika tomat dapat mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker prostat dan usu besar. Hal ini disebabkan karena adanay lycopene yang menjadi antioksidan alami untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

Manfaat Tomat Untuk Kecantikan

6. Rambut Sehat
Kandungan vitamin A yang selama ini hanya dianggap baik bagi kesehatan mata, ternyata juga baik bagi kesehatan dan kekuatan rambut.

7. Mencerahkan Wajah
Lapisi kulit wajah anda dengan tomat dan diamkan selama kurang lebih 10 menit saja lalu perhatikan perbedaanya. Kulit wajah anda akan nampak cerah bersinar dalam seketika.

Itulah ketujuh manfaat tomat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Dengan beberapa fakta di atas, tidak usah ragu lagi untuk mengkonsumsi tomat setiap hari dan rasakan manfaatnya.