Manfaat Mahkota Dewa Bagi Kesehatan Keluarga



Manfaat mahkota dewa saat ini sedang marak diperbincangkan. Telah banyak penelitian yang dilakukan oleh para ahli kesehatan, dan terbukti tanaman eksotis yang berasal dari tanah papua ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Jika sebelumnya tanaman ini sering dijadikan ramuan herbal, belakangan mahkota dewa sudah dikembangkan menjadi obat-obatan dalam bentuk kapsul dan tablet. Meskipun rasanya sangat pahit, namun banyak orang yang mengkonsumsi buah ini dikarenakan khasiatnya yang terbukti sangat ampuh dan mempu menyembuhkan berbagai macam jenis pernyakit.

Mengenal Mahkota Dewa

mahkota dewaBuah yang terkenal dengan nama latin Phaleria Macrocarpa ini banyak tumbuh di hutan papua. Tanaman ini tumbuh di di tanah yang gembur dan subur, tingginya bisa mencapai 5 meter. Batang pohonnya kecil, kasar, dan bergetah. Buahnya berukuran sedang dengan diameter 3-6 cm, sedangkan warnanya adalah hijau saat masih muda dan akan berubah menjadi merah pekat saat sudah matang. Selain itu mahkota dewa juga sering disebut dengan buah simalakama (bangsa melayu).

Manfaat Mahkota Dewa

Hampir seluruh bagian dari buah ini bisa dimanfaatkan. Daun dan biji mahkota dewa bisa dimanfaatkan sebagai obat pernyakit kulit dan gatal-gatal. Sedangkan daging buahnya bisa dimanfaatkan sebagai obat disentrik dan psoriasis. Selain untuk obat-obatan tradisional, manfaat mahkota dewa juga terbukti untuk teknologi medis yang lebih modern. Berdasarkan penelitian manfaat mahkota dewa antara lain bisa menghambat 50% pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh kita. Bahkan penilitian lain juga membuktikan manfaat mahkota dewa lainnya yaitu untuk mengoati alaergi, panas, asam urat, dan sebagai senyawa yang memiliki antioksidan alami.