Sejuta Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan Keluarga



Pasti Anda sudah tahu jika salah satu manfaat jambu biji adalah sebagai pemcegah demam berdarah. Demam bedarah sebenarnya disebabkan oleh virus yang menyerang sel trombosit dengan dinding sel paling tipis. Mungkin anda berfikir buah yang bernama latin Psidium Guajava ini berasal dari Indonesia karenabanyak ditemukan di pasar tradisional mapun supermarket. Sebenarnya jambu biji berasal dari daerah Amerika Selatan. Kemudian tanaman ini menyebar ke seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia. Saat ini telah banyak petani yang membudidayakan jambu biji karena peluang bisnis yang cukup besar.

Manfaat Jambu Biji Merah

manfaat jambu bijiFaktanya jambu biji memiliki kandungan vitamin c lebih banyak dari pada jeruk dan apel. Satu buah jambu biji mengandung 165 mg vitamin c, sedangkan jeruk kurang dari setengahnya yaitu 69 mg saja. Karena kandungan gizinya yang banyak, maka banyak juga manfaat jambu biji yang bisa kita dapatkan. Kandungan vitamin c ini membuat jambu biji memiliki bejuta manfaat. Menurut penelitian yang dilakukan oleh para pakar kesehatan dunia, dengan mengkonsumsi satu buah jambu biji sehari dapat meminimalisir resiko terkena pernyakit flu ringan, tekanan darah tinggi, obesitas, diabetes, hingga kanker. Meskipun banyak bijinya kita bisa mengakalinya dengan cara dibuat menjadi jus segar. Kandungan serat yang melimpah pada buah ini, juga dapat membantu anda mengatasi masalah sembelit.

Manfaat jambu biji selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah tinggi karena adanya kalium yang merupakan elektrolit untuk reaksi listrik di dalam tubuh. Jambu biji mampu meningkatkan kesehatan jantung dan juga mencegah kanker karena mengandung banyak anti oksidan dan beta karotin. Selain untuk pernyakit dalam, manfaat jambu biji yang lainnya adalah untuk menyembuhkan pernyakit luar seperti pendarahan pada hidung juga gusi. Karena mengandung karbohidrat komplek membantu mengurangi kadar kolesterol dan gula darah yang berlebih.