Inilah Manfaat Puasa Bagi Kesehatan



Seperti yang kita tahu bahwa puasa merupakan hal yang wajib dilakukan bagi semua umat muslim yang berada di dunia ini. Selain merupakan kewajiban beribadah yang nantinya bisa menambah pahala bagi yang menajalankannya, Anda juga akan mendapatkan manfaat puasa bagi kesehatan tubuh Anda. Meskipun ketika berpuasa Anda seharian tidak makan serta tidak minum namun sebenarnya dibalik itu semua terdapat manfaat yang cukup bagus sekali bagi kesehatan tubuh Anda. Sebagian besar peneliti serta dokter sudah mengakui bahwa manfaat dari seseorang ketika berpuasa bisa sangat bagus sekali dan berdampak baik bagi kesehatan seluruh organ tubuh Anda. Karena dengan tidak makan dan tidak minum lebih dari 12 jam artinya oragan tubuh Anda terutama pencernaan bisa beristirahat selama beberapa jam dalam sehari.

manfaat puasa
Dengan begitu maka sebaiknya hilangkan anggapan Anda bahwa puasa hanya akan mendapatkan lapar serta haus. Meskipun kebanyakan orang ketika berpuasa merasa lemas dan lesu sebaiknya Anda harus tetap bersemangat dan juga senantiasa ikhlas dalam menjalani puasa tersebut demi mendapatkan pahala dari puasa serta menjadikan tubuh Anda lebih sehat lagi. Salah satu manfaat puasa bagi kesehatan yang sudah terbukti adalah bisa menurunkan kadar gula dalam darah serta kolesterol. Selain itu juga dapat menurunkan tekanan darah tingga bagi Anda yang menderita penyakit tersebut. Menurut ahli kesehatan ketika Anda berpuasa, tubuh akan mengeluarkan banyak enzim yang akhirnya bisa meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Luar biasanya lagi enzim tersebut hanya diproduksi pada saat Anda berpuasa saja.

Puasa juga menjadi salah satu proses menghilangkan racun yang ada dalam tubuh karena selama berpuasa organ tubuh Anda bisa istirahat dengan cukup. Usahakan juga untuk tetap menjaga pola makan Anda ketika Anda sedang menjalankan ibadah puasa. Jangan terlalu makan yang banyak ketika Anda sedang berbuka atau puasa. Hindari juga berbuka dengan makanan atau minuman yang terlalu manis. Demikian tadi beberapa manfaat puasa bagi kesehatan tubuh yang bisa Anda jadikan motifasi agar semangat ketika menjalani ibadah puasa.