7 Khasiat dan Manfaat Buah Semangka



Manfaat buah semangka merupakan salah satu jenis buah yang sangat populer di Filipina khususnya selama musim panas karena mengandung banyak air  sebagai pelepas dahaga. Tak hanya di Filipina, di Indonesia buah ini juga sangat populer dan digemari hampir seluruh lapisan masyarakat. Biasanya semangka berbentuk bulat, lonjong, atau bahkan berbentuk persegi. Semangka pada umumnya memiliki daging berwarna merah atau kuning. Kali ini tips kesehatan akan menguak khasiat di balik buah semangka.

Khasiat Buah Semangka

khasiat buah semangka
Semangka mengandung beberapa antioksidan yang sangat penting dalam membantu mencegah kanker usus, asma, diabetes, dan arthritis. Selain antioksidan, buah semangka kaya akan vitamin C, vitamin A, lycopene, dan karotenoid. Fungsi dari antioksidan lycopene sendiri adalah membantu melindungi sel-sel dan pencegahan penyakit jantung.

Khasiat buah semangka juga kaya akan vitamin B yang diperlukan untuk produksi energi. Buah ini jua memiliki kandungan citrulline yang cukup tinggi, yaitu salah satu jenis asam amino tubuh kita gunakan untuk membuat asam amino lain, arginin, yang digunakan dalam siklus urea untuk menghilangkan amonia dari tubuh, dan oleh sel-sel yang melapisi pembuluh darah kita untuk membuat oksida nitrat.

Manfaat Buah Semangka

Nitrat oksida berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi, dan merupakan senyawa yang produksinya ditingkatkan oleh Viagra untuk mencegah disfungsi ereksi. sedangkan Arginine bermanfaat untuk meningkatkan sensitivitas insulin tipe 2 pasien diabetes obesitas dengan resistensi insulin. Beberapa manfaat buah semangka sangat baik untuk kesehatan dibalik rasanya yang segar.