Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa



Cara menghilangkan bau mulut saat sedang berpuasa memang merupakan suatu hal yang wajar. Bau nafas yang kurang sedap disebabkan karena seharian penuh kita tidak makan maupun minum sama sekali. Jika anda berada dalam keadaan seperti ini tentunya anda akan merasa kurang nyaman saat sedang bercakap cakap dengan teman anda. Bau nafas yang kurang sedap dapat disebabkan oleh dua faktor utama yaitu masalah mulut dan kesehatan pencernaan anda yang kurang baik. Jika bau mulut sudah tidak enak tentunya anda akan menjadi kurang percaya diri bila harus berbicara berdekatan. Salah satu hadist juga mengungkapkan jika bau mulut yang kurang sedap bagi orang berpuasa nantinya akan menjadi harum saat di surga. Namun hal tersebut lantas tidak membuat kita harus membiarkan bau mulut yang kurang sedap, berikut ini adalah beberapa tips mencegah bau mulut yang bisa anda coba.

Tips Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

cara menghilangkan bau mulut
Biasanya bau mulut juga disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi terutama jika menu sahur kita adalah jengkol atau pete yang memiliki bau yang khas dan cukup sulit dihilangkan. Inilah beberapa cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa :

  • Menggosok gigi : Setelah makan sahur biasakanlah untuk menggosok gigi agar gigi kita tetap kuat dan sehat. Gunakan merk pasta gigi yang dapat membuat nafas anda menjadi lebih segar. Jangan lupa untuk menyikat gigi malam sebelum tidur agar kuman dan sisa makanan yang tertinggal di mulut saat berbuka puasa bisa hilang.
  • Makan buah san sayur : Beberapa jenis sayuran yang memiliki serat yang banyak dapat mengatasi aroma mulut yang kurang sedap. Saat sahur kita dianjurkan makan makanan yang dapat membantu produksi air liur, fungsinya adalah dengan air liur yang cukup dapat membuat mulut kita tetap lembab dan terhindar dari bau mulut yang kurang sedap.
  • Kosumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C : Buah yang kaya akan vitamin C seperti jeruk dan strawberry dapat menangkal bakteri yang menyebabkan bau mulut dan melindungi gigi dan gusi agar selalu sehat.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Semoga cara menghilangkan bau mulut selama puasa ramadhan bisa bermanfaat dan puasa anda tetap berjalan dengan lancar hingga sebulan penuh dan ibadah kita diterima oleh Allah SWT.