7 Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan



Manfaat bengkoang bagi kesehatan dan kecantikan membuat buah ini cukup diminati masyarakat. Selain harganya yang murah, buah ini memiliki rasa yang manis dan mengandung cukup banyak air. Bengkoang termasuk dalam kategori umbi-umbian dan bisanya buah ini dijadikan sebagai salah satu pelengkap rujak. Buah yang memiliki nama latin pachyhirus erosus ini sebenarnya berasal dari Amerika Tropis dan termasuk dalam keluarga polong-polongan atau dalam istilah biologi disebut fabaceae. Tumbuhan ini akan membentuk akar yang berbentuk melingkar dan beratnya bisa mencepai 5 kilogram. Kulit luarnya berwarna agak kekuningan, sedangkan daging buahnya berwarna putih. Kandungan utama dari buah ini adalah gula, pati, kalsium, dan fosfor.

Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan

bengkoang
Bengkoang mengandung cukup banyak vitamin C. Seperti yang kita ketahui, vitamin C sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita dan dapat menjauhkan kita dari berbagai jenis pernyakit. Selain itu, vitamin C juga merupakan sumber antioksidan alami yang dapat membantu tubuh dalam mencegah radikal bebas. Selain vitamin C, bengkoang juga mengandung cukup banyak Vitamin B1 yang memiliki manfaat untuk mencegah pernyakit beri-beri. Manfaat bengkoang yang lain adalah sebagai pencegah dehidrasi karena di dalamnya mengandung cukup banyak air. Fakta lain dari bengkoang yang cukup mengejutkan adalah kemampuannya dalam mencegah penyakit jantung dan stroke. Menkonsumsi buah bengkuang secara rutin dapat membantu kita untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Khasiat Bengkoang Bagi Kesehatan

Ternyata bengkoang juga mengandung zat fitoestrogen yang sangat berguna bagi wanita menopause. Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah bengkuang dapat mencegah kita dari beberapa masalah kesehatan pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar dan kanker kolon. Lalu manfaat bengkoang terakhir untuk kesehatan adalah dapat membantu tubuh dalam menurunkan kadar glukosa. Dengan demikian mengkonsumsi buah bengkoang dapat menjauhkan kita dari resiko diabetes. Dan bagi anda yang sedang menjalani diet mengkonsumsi bengkoang juga dapat membantu menurunkan berat badan.