5 Manfaat Kumis Kucing Bagi Kesehatan



Manfaat kumis kucing sudah banyak diketahui oleh masyarakat sejak zaman dulu. Tanaman yang memiliki nama latin orthosiphon aristatus ini merupakan salah satu tanaman asli Indonesia yang memiliki banyak khasiat dalam mengobati berbagai jenis pernyakit. Tapi sebenarnya tanaman ini berasal dari daerah Afrika yang kemudian menyebar ke seluruh wilayah Asia termasuk Indonesia. Di setiap daerah kumis kucing memiliki nama yang berbeda seperti di Sumatra tanaman ini lebih di kenal dengan sebutan (giri giri marah), Jawa Tengah (remujung), Madura (songot koneng). Tanaman ini mudah berkembang dan tumbuh di lahan pertanian dengan kondisi tanah yang gembur dan banyak mengandung humus. Tanaman ini bisa tumbuh di tempat dengan iklim tropis hingga sedang.

Ciri-Ciri Tumbuhan Kumis Kucing

manfaat kumis kucing
Sebelum menelisik lebih jauh tentung manfaat kumis kucing ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tanaman kumis kucing itu yang bagaimana dan seperti apa. Tanaman ini bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 2 meter, daunnya berbentuk lonjong berwarna hijau dan bergerigi kasar. Yang paling mencolok dari tanaman kumis kucing ini adalah bunganya yang besar dan berwarna putih dengan bulu-bulu halus panjang yang mirip dengan kumis kucing. Tanaman ini bisa tumbuh subur di daerah dengan ketinggian 700 m di atas permukaan laut. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar, pasti anda sebelumnya sudah pernah menemui tanaman ini tapi tidak tahu namanya.

Manfaat Kumis Kucing

Berbagai penelitian yang sebelumnya pernah dilakukan oleh para ahli kesehatan berhasil mengungkap berbagai manfaat kumis kucing diantaranya adalah mengobati kencing batu, mengobati amandel, mengobati pusing akibat tekanan darah tinggi, sembelit, masuk angin, encok, ramatik, batuk, hipertensi, sakit pinggang, dan menghilangkan rasa lelah. Anda bisa membuat ramuan sendiri secara tradisional atau dengan membeli dalam bentuk pil yang siap diminum. Itulah beberapa manfaat kumis kucing yang beguna bagi kesehatan dan mengobati berbagai jenis pernyakit.