10 Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan



Manfaat vitamin E selama ini adalah sebagai zat yang baik bagi kesehatan kulit dan penyembuhan luka saja. Akan tetapi senyawa yang juga sering disebut dengan alpha-tokoferol, diyakini mampu membantu mengurangi kolesterol dan mencegah stroke. Sama seperti jenis vitamin lainnya, Vitamin E merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh,  akan tetapi tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. Sumber makanan yang mengandung banyak vitamin E diantaranya adalah kacang-kacangan, unggas, dan minyak sayur. Juga sudah banyak beredar suplemen kesehatan dalam bentuk kemasan seperti pil dan kapsul.

Manfaat Vitamin E

manfaat vitamin e
Pertama, manfaat vitamin E adalah sebagai antioksidan. Antioksidan dapat membantu mencegah dan menghilangkan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini. Hal ini dikarenakan radikal bebas merusak struktur sel, yang menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh sehingga dapat menyebabkan kanker.Kedua, vitamin E dapat membantu mencegah kolesterol, stroke, dan penyakit jantung. Vitamin E mampu mengencerkan darah serta meningkatkan aliran darah sehingga tidak terjadi penumpukan plak di dinding arteri. Sebuah studi  juga menunjukkan bahwa vitamin E juga dapat meredakan dan mencegah osteoarthritis. Itu artinya vitamin E dapat digunakan untuk meredakan nyeri rematik. Hal ini juga meningkatkan mobilitas sendi dan gejala asam urat.

Manfaat Vitamin E Bagi Kulit

Vitamin E membantu mempertahankan kelembaban sehingga dapat terhindar dari kulit kering. Vitamin E juga dapat melindungi kulit dari radiasi sinar UV serta mempercepat penyembuhan luka. Dengan sering mengkonsumsi vitamin E Anda akan mendapatkan kulit yang sehat. Tapi, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara mengolah atau memasak makanan agar vitamin E-nya tetap terjaga. Hal ini sangat penting, karena percuma saja kita sudah mengkonsumsi makanan tersebut dalam jumlah banyak, tapi tidak mendapatkan manfaat maksimal, karena kandungan vitamin E-nya sudah berkurang. Akan tetapi jika Anda masih ragu, suplemen vitamin E bisa dijadikan pilihan alternatif. Akan tetapi Anda juga harus selektif dalam memilih suplemen agar manfaat vitamin E bisa kita peroleh secara lebih maksimal.